10 Fitur Baru di Sistem Operasi One UI 5 Milik Samsung

10 Fitur Baru di Sistem Operasi One UI 5 Milik Samsung

Memuat…

Samsung memperkenalkan One UI 5 yang memiliki banyak fitur tambahan. Foto: dok Samsung Indonesia

JAKARTA – One UI adalah sistem operasi yang umum ditemukan di ponsel Samsung. Dibandingkan dengan produsen ponsel Android lainnya, One UI adalah yang paling bersih, paling mudah digunakan, dan paling nyaman.

Baru-baru ini, Samsung memperkenalkan One UI 5 yang memiliki banyak fitur tambahan. Sebelumnya, One UI 5 dirilis secara terbatas kepada ribuan pengguna Galaxy melalui program One UI Beta.

Tujuannya agar peserta dapat menjajal interface secara langsung dan memberikan masukan. Masukannya, termasuk dari hal terkecil pun diperhatikan.

Nah, berikut adalah beberapa fitur yang ada di One UI 5:

1. Fitur Panggilan Teks Bixby
Dengan Bixby Text Call, Anda dapat menjawab panggilan telepon hanya dengan mengetik pesan. Bixby akan mengonversi teks menjadi audio dan membagikannya langsung dengan penelepon. Fitur ini ideal saat Anda perlu berkomunikasi tetapi tidak selalu terdengar, seperti di kereta yang ramai atau di konser yang bising.

2. Mode dan Rutinitas

Dengan Mode di One UI 5, pengguna dapat membuat pengaturan khusus, mulai dari tidur dan relaksasi hingga olahraga dan mengemudi.
Misalnya, saat berolahraga, preferensi Anda mungkin mematikan notifikasi agar tetap fokus pada olahraga dan memutar musik. Saat tidur, ponsel akan secara otomatis mematikan suara dan menurunkan kecerahan layar.

3. Ikon dan Warna Aplikasi
One UI 5 memberikan tampilan dan nuansa baru. Ikon aplikasi yang lebih menonjol dan disederhanakan menjadi skema warna yang disederhanakan.

4. Notifikasi Lebih Intuitif

Notifikasi di One UI 5 lebih intuitif, mudah dibaca sekilas dan menawarkan tombol balas dan tutup yang lebih jelas. Misalnya saat menerima panggilan telepon melalui tampilan pop-up call.

5. Sesuaikan di Layar Kunci

One UI 5 mendukung penyesuaian langsung di layar kunci. Hanya dengan beberapa ketukan, Anda dapat memangkas video, misalnya. Layar kunci juga dapat disesuaikan dengan mengubah wallpaper, gaya jam, dan notifikasi pop-up semuanya dari satu layar.

6. Widget

Widget di One UI 5 disegarkan. Lebih rapi dengan widget Stack terbaru. Pengguna juga dapat menarik dan melepas widget di atas satu sama lain dan menggesek ke kiri atau ke kanan untuk menelusuri setiap widget dengan cepat dan mudah, untuk mengosongkan ruang di layar Beranda dan menggunakannya dengan lebih efisien. Ada juga fitur saran Cerdas untuk widget, yang dapat menyarankan aplikasi tertentu.