Andi Gilang Jadi Juara Asia SS600 2022 Secara Dramatis

Pembalap Indonesia Andi Farid Izdihar alias Andi Gilang berhasil menjadi juara Asia Road Racing Championship (ARRC) 2022.


Jakarta, CNNIndonesia

Pembalap Indonesia Andi Farid Izdihar alias Andi Gilan memenangkan Kejuaraan Road Race Asia (ARRC) 2022.

Pembalap binaan PT AHM itu menampilkan performa gemilang dan heroik saat mengakhiri musim ARRC 2022. Pada seri terakhir yang digelar di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand, para pebalap mendominasi podium di dua balapan yang digelar Sabtu-Minggu (19-20 November) .

Bahkan Andi Gilang mampu merebut podium pertama dalam dua balapan, selain mengukir sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang meraih gelar juara kelas ARRC Supersport (SS) 600.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Gelar ini sekaligus menjadi sejarah bagi AHRT yang mampu menjadi juara di kelas bergengsi ARRC.

Pada balapan pertama, Sabtu (19/11), pebalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan itu tampil sangat impresif. Berawal dari posisi dua, ia melorot ke beberapa posisi. Namun di tengah balapan, ia berhasil melompat lebih jauh ke depan dan mampu mengatasi lawan lawannya untuk menempati podium teratas.

Pada balapan kedua, Minggu (20/11), Andi masih konsisten tampil baik. Sadar tertinggal 14 poin dari pemuncak klasemen, ia harus merebut kembali podium teratas dan merebut 25 poin lagi.

[Gambas:Video CNN]

Usaha itu berhasil, tampil di lintasan yang basah dan licin, Andi mampu kembali memimpin dan memastikan balapan kedua dengan kemenangan dan mengamankan gelar juara.

Kemenangan ini begitu dramatis karena dengan hasil balapan terakhir, poin Andi Gilang menyamai pemuncak klasemen sebelumnya. Namun Andi dinyatakan sebagai juara kelas SS600 karena mengumpulkan kemenangan balapan lebih banyak.

“Balapan yang luar biasa. Saya berusaha mengatur kecepatan dengan baik, tetap fokus untuk tidak melakukan kesalahan. Bahkan sampai lap terakhir ketika saya kehilangan pole position, saya tetap berusaha untuk tetap tenang dan mencoba mengambil kesempatan yang ada. Akhirnya , di tikungan terakhir saya bisa kembali mengambil alih posisi dengan baik dan finis pertama. Double winner dan penentu kejuaraan Asia adalah momen terbaik dalam karir balap saya,” ujar Andy usai balapan dikutip dari rilis AHM.

(jal)