Awas Tertipu Pyrite, Mirip Banget Emas tapi Bukan Emas

Awas Tertipu Pyrite, Mirip Banget Emas tapi Bukan Emas

Jakarta

Pernahkah Anda melihat mineral yang terlihat seperti emas tetapi bukan emas? Mungkin yang Anda lihat adalah pirit. Pirit dikenal sebagai ’emas bodoh’ karena sering menipu orang awam hingga muncul persepsi bahwa itu adalah emas.

Yang lebih menarik lagi, pirit memiliki warna yang mirip dengan emas. Namun, sebenarnya pirit memiliki beberapa perbedaan dengan emas. Inilah perbedaan pirit dan emas, seperti dilansir Geology.com.

@findingcrystal.id Kira-kira aku menemukan harta karun, kristal, atau apa ya guys? 💁🏻♂️ Follow @findingcrystal.id untuk video crystal menarik lainnya 🥰 #crystal #crystalindonesia #tokocrystal #crystalshop #crystalhealing #crystallover #batucrystal #jualcrystal #naturalstone #huntingcrystal ♬ Mencarimu – Joy Again

1. Sebagian besar spesimen pirit yang ditemukan di alam memiliki setidaknya beberapa cacat permukaan. Nugget atau serpihan emas kecil biasanya cerah dan tidak ternoda.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

2. Pirit memiliki warna kuningan. Emas memiliki warna keemasan hingga kuning. Sebagian besar emas asli dicampur dengan perak, dan jika kandungan peraknya cukup tinggi, spesimen akan berwarna kuning keputihan.

3. Pirit biasanya ditemukan sebagai potongan bersudut, dan sebagian besar menunjukkan permukaan kubus, oktahedron, atau piritohedron. Sebagian besar partikel emas yang ditemukan di sungai memiliki tepi yang agak membulat. Tapi hati-hati, beberapa spesimen emas kristal dapat menampilkan kristal yang mirip dengan pirit.

4. Banyak kristal pirit memiliki garis paralel halus di permukaannya. Kristal emas tidak memiliki pita.

5. emas memiliki garis kuning, pirit memiliki garis hitam kehijauan.

6. Emas memiliki kekerasan Mohs 2,5 sedangkan pirit memiliki kekerasan Mohs 6 hingga 6,5. Emas tidak akan menggores tembaga, tetapi pirit akan dengan mudah menggores tembaga.

7. Partikel kecil emas dapat dipotong dengan pisau saku yang tajam. Partikel pirit kecil tidak dapat dipotong.

Tonton videonya “Yakin mau investasi emas mini?”
[Gambas:Video 20detik]

(tanyakan/afr)