Cewek Sama Baiknya dengan Cowok dalam Urusan Baca Maps, Titik

Cewek Sama Baiknya dengan Cowok dalam Urusan Baca Maps, Titik

Jakarta

Mempelajari perselingkuhan perempuan membaca peta dengan laki-laki sudah beberapa kali dilakukan. Hasilnya beragam, tetapi penelitian ini membuktikannya wanita sama baiknya dengan pria dalam membaca peta.

Secara historis, pria rata-rata memiliki kemampuan spasial yang lebih baik daripada wanita, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science pada tahun 2016. Namun, ada hal lain yang perlu diperhatikan.

Margaret Tarampi dan tim peneliti dari University of California-Santa Barbara akhirnya melakukan penelitian sendiri. Mereka juga menemukan bahwa kemampuan membaca peta dapat dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah stereotype. Stereotip bahwa wanita lebih sulit membaca peta daripada pria membuat wanita merasa tidak enak, membuat mereka tidak dapat berfungsi dengan baik.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Para peneliti juga berteori bahwa perempuan tampil lebih baik pada keterampilan yang melibatkan komponen sosial. Dengan kata lain, jika membaca peta membantu orang lain, kinerja mereka mungkin lebih baik.

Tarampi dan timnya menguji kedua teori tersebut pada mahasiswa UCSB melalui tiga eksperimen terpisah. Hasilnya menunjukkan bahwa laki-laki mendapat skor lebih baik daripada perempuan hanya ketika para peneliti mempresentasikan stereotip superioritas laki-laki sebelum melakukan tes.

Ketika para peneliti mengabaikan stereotip dan memberikan konteks sosial untuk membaca peta, skor wanita meningkat secara keseluruhan. Wanita juga tampil lebih baik saat peta menampilkan sosok manusia, bukan hanya objek dan bangunan acak.

“Ketika kami memberi tahu para peserta bahwa ini adalah tes pengambilan perspektif dan pengambilan perspektif adalah tentang empati, maka dalam hal ini para wanita melakukan hal yang sama seperti pria,” kata Tarampi kepada The Huffington Post.

Kesimpulannya, stereotipe budaya dapat menyebabkan wanita benar-benar kehilangan fungsi membaca peta dengan benar. Padahal pada dasarnya, baik perempuan maupun laki-laki sama-sama pandai membaca peta. titik.

Tonton video “Google Maps Akan Rilis Fitur Cek Tarif”
[Gambas:Video 20detik]

(tanyakan/afr)