Dinkes DKI Gelar Vaksinasi Booster Kedua untuk Lansia

Dinkes DKI Jakarta mempercepat pemberian vaksinasi dosis keempat atau booster kedua kepada para lansia untuk menghadapi gelombang Covid-19 terbaru.


Jakarta, CNNIndonesia

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta telah diresmikan Vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau penguat kedua untuk lansia (orang tua) berusia lebih dari 60 tahun hari ini.

“Bisa (mendorong lansia),” kata Kepala Seksi Pengawasan, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Ngabila Salama saat dihubungi, Rabu (23/11).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Ngabila mengatakan lansia dapat mengunjungi pusat vaksinasi di semua tempat untuk mendapatkan booster kedua. Menurutnya, vaksinasi ini perlu dilakukan secara cepat untuk menghadapi gelombang terbaru Covid-19.

“Covid menyebar dengan cepat, kita tidak bisa terlalu cepat berharap dengan memberikan empat dosis vaksin kepada lansia sesegera mungkin,” katanya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Malaysia memberikan izin kepada lanjut usia (lansia) atau penduduk yang berusia di atas 60 tahun untuk menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis keempat atau second booster.

Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Pemberian Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Lansia yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan. Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu pada 22 November 2022.

“Dosis booster kedua vaksinasi Covid-19 diberikan dengan selang waktu enam bulan sejak dosis booster pertama vaksinasi,” ujar salah satu poin SE.

Vaksin yang dapat digunakan untuk dosis booster kedua adalah vaksin yang telah mendapat izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta telah dipertimbangkan dan direkomendasikan oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). . .

(yo/fra)

[Gambas:Video CNN]