Diterkam Lions of Teranga, Tuan Rumah Tim Pertama Tersingkir

Diterkam Lions of Teranga, Tuan Rumah Tim Pertama Tersingkir

Memuat…

Timnas Senegal menyingkirkan tuan rumah Qatar di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022/Foto/Reuters

DOHA – Timnas (Timnas) Qatar menjadi tim pertama yang tersingkir di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 . Tuan rumah sudah dua kali kalah setelah kalah 1-3 dari Senegal pada matchday kedua Grup A di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Jumat (25/11/2022) sore.

Qatar belum meraih satu poin pun setelah menderita dua kekalahan beruntun. Pasukan Felix Sanchez mengalahkan Ekuador 0-2 di laga pembuka. Al-Annabi –julukan Tim Nasional Qatar– menjadi juru kunci Grup A untuk sementara waktu.

Baca juga: Cristiano Ronaldo mengamuk saat melihat selebrasi Siu ditiru pemain Ghana

Senegal yang mengalahkan Belanda 0-2 di laga perdananya masih memiliki peluang lolos ke babak 16 besar. Senegal saat ini berada di peringkat ke-3 dengan raihan 3 poin. Belanda memimpin klasemen dengan 3 poin, di bawah mereka Ekuador juga dengan 3 poin. Belanda dan Ekuador bentrok malam ini.

Di paruh pertama pertandingan, timnas Senegal langsung mendominasi pertandingan sejak awal dibandingkan Qatar. Tim berjuluk The Lions of Teranga itu bahkan mendapat peluang cepat di menit ke-4 lewat sepakan Ismaila Sarr.

Al-Annabi nampaknya masih kesulitan menembus pertahanan Senegal yang dipimpin Kalidou Koulibaly. Pada menit ke-23, The Lions of Teranga kembali mendapat peluang lewat tembakan Idrissa Gueye yang sedikit meleset.

Timnas Senegal bermain sangat agresif dan terus menyerang pertahanan Qatar. Hingga akhirnya, The Lions of Teranga baru mampu membuka skor di menit ke-41 lewat kaki Boulaye Dia. Striker berusia 26 tahun itu berhasil memanfaatkan kesalahan Boualem Khoukhi.

Tujuh menit waktu tambahan diberikan sebelum paruh waktu. Tim tuan rumah berusaha melepaskan diri dari tekanan di sisa waktu. Namun hasilnya menemui jalan buntu dan timnas Senegal untuk sementara menang 1-0 atas Qatar.

Memasuki babak kedua, The Lions of Teranga kembali tancap gas. Hasilnya pun langsung manis di menit ke-48. Lewat sepak pojok yang disempurnakan Ismail Jakobs, sundulan keras Famara Dhiedhou tak mampu dihentikan kiper Qatar, Meshaal Barsham.

Timnas Qatar mendapat peluang emas di menit ke-66 lewat tembakan Pedro Miguel di mulut gawang Senegal. Namun, Edouard Mendy menunjukkan kualitasnya saat bola berhasil diselamatkannya.