Jangan Makan Gorengan dan Keripik Kentang!

Meski penuaan tak bisa dihindari, setidaknya jangan pilih makanan sembarangan yang bisa buat Anda justru jadi lebih cepat tua. Ini makanan bikin cepat tua.

Jakarta, CNNIndonesia

Jika Anda tidak ingin terburu-buru tua, hindari berbagai makanan yang cepat tua. Meski penuaan akan terjadi cepat atau lambat, setidaknya jangan sembarangan memilih makanan yang bisa membuat Anda cepat tua.

Makanan dan minuman tertentu, jika dikonsumsi berlebihan, dapat menyebabkan penuaan dini – seperti keriput, garis halus, serta kulit kering dan dehidrasi.

Berikut adalah beberapa makanan yang membuat Anda cepat tua:

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

1. Gula

Mengutip Delish, terlalu banyak gula bikin cepat tua. Gula menempel pada kolagen di tubuh Anda, membuat kulit Anda terlihat kencang dan menyebabkan keriput. Sudah banyak bukti yang mengatakan bahwa orang yang mengurangi gula bisa terlihat lebih segar dan lebih muda.

“Gula menyebabkan peradangan, yang merupakan penghalang utama untuk memiliki kulit yang bersih dan indah. Lebih buruk lagi, gula juga merusak kolagen dan elastin, yang membuat kulit tampak lembut dan kenyal,” kata Tasneem Bhatia, pakar penurunan berat badan dan penulis What Doctors Eat and The 21-Day Belly Fix dikutip dari Eat This Not That.

2. Karbohidrat

Tubuh Anda pasti membutuhkan karbohidrat, tetapi memilih jenis karbohidrat yang salah (pikirkan karbohidrat olahan, bertepung, olahan seperti roti putih dan makanan yang dipanggang) dapat membuat Anda bertambah tua. Terlalu banyak karbohidrat putih olahan dapat merusak kolagen di kulit Anda dan menua Anda. . lebih cepat.

3. Garam

Foto: iStockphoto/artis
Ilustrasi garam

Hati-hati dengan natrium dalam hal-hal seperti sup kalengan, sayuran, dan kacang-kacangan, hingga makanan yang terlalu asin.

Garam yang dimasukkan ke dalam makanan membuat Anda lebih cepat menua karena sodium akan menyebabkan kulit terlihat lebih bengkak karena menahan air.

“Makanan tinggi natrium menyebabkan Anda menahan air dan merasa kembung. Retensi air dapat membuat kulit Anda terlihat bengkak dan lelah,” komentar Deborah Orlick Levy, konsultan kesehatan dan nutrisi Carrington Farms.

Tasneem juga menambahkan bahwa diet tinggi garam meningkatkan dehidrasi dan beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa itu merusak DNA, memperpendek telomere, dan mempercepat penuaan.”

7 Makanan Yang Bikin Cepat Tua: French Fries and Chips!

BACA HALAMAN BERIKUTNYA