Jeddah Arab Saudi Diterjang Banjir Bandang, Dua Orang Tewas

Kota Jeddah, Arab Saudi, diterjang banjir bandang pada Kamis (24/11) waktu setempat, dua orang dilaporkan tewas.


Jakarta, CNNIndonesia

kota Jeddah, Arab Saudidilanda banjir bandang pada Kamis (24/11) waktu setempat.

Sedikitnya dua orang tewas akibat banjir bandang di kota Jeddah yang termasuk dalam wilayah Mekkah, Arab Saudi.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Dua orang telah meninggal sejauh ini dan kami mengimbau semua warga untuk tidak meninggalkan rumah mereka kecuali penting,” kata pemerintah daerah Makkah dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP.

Beberapa jalan tampak tergenang seperti sungai akibat banjir bandang dalam sebuah video yang dilansir AFP. Banyak kendaraan roda empat yang terendam banjir.

Wilayah Mekkah sendiri meliputi kota Jeddah yang saat ini dilanda banjir dan kota Mekkah, salah satu kota suci negara.

[Gambas:Video CNN]

Akibat banjir tersebut, akses jalan dari Jeddah ke Mekkah yang digunakan jemaah haji ditutup saat hujan deras. Akses kemudian dibuka kembali setelah situasi dianggap aman.

Beberapa penerbangan di bandara internasional King Abdulaziz ditunda dan sekolah ditutup karena banjir bandang akibat hujan lebat.

“Akibat kondisi cuaca, keberangkatan beberapa penerbangan terpaksa ditunda,” kata pernyataan dari Otoritas Bandara Internasional King Abdulaziz.

Kantor berita negara melaporkan sebelum fajar bahwa sekolah-sekolah di kota akan ditutup sementara karena hujan diperkirakan akan berlanjut sepanjang hari.

Sebuah televisi nasional, Al-Ekhbariya, menayangkan cuplikan video pendek jemaah umrah di tengah-tengah keliling Ka’bah yang diguyur hujan deras.

(Baca)

[Gambas:Video CNN]