Kisah Vila Terbengkalai di Bandung yang Jadi Tempat Syuting Film Suzanna

Kisah Vila Terbengkalai di Bandung yang Jadi Tempat Syuting Film Suzanna


Bandung Barat

Suasana yang sangat sepi dan sepi menyelimuti sebuah vila terbengkalai di Bandung Barat. Sebelumnya, vila ini digunakan untuk syuting film hantu yang dibintangi Suzanna.

Di dalam kompleks perumahan Katumiri di Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), berdiri sebuah bangunan yang menyimpan banyak cerita.

Bangunan tersebut berupa vila yang terletak di ujung kompleks. Berdiri tegak dikelilingi sawah milik warga dan pepohonan rimbun dari hutan menuju objek wisata Curug Panganten.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Vila berlantai dua itu kini terbengkalai. Untungnya masih ada lampu yang menyala sehingga tidak terlalu memberikan efek horor bagi yang kebetulan datang melihat villa.

Bangunannya masih kokoh namun bobrok karena kurang perawatan. Dindingnya ditutupi grafiti. Sedangkan bahan bangunan yang terbuat dari kayu dan gubuk mulai tergerus.

Ada beberapa kamar di vila tua. Di lantai bawah terdapat ruang tamu dan ruang keluarga serta beberapa kamar tidur. Sedangkan di lantai dua terdapat ruangan tanpa batasan, jika diasumsikan berfungsi sebagai ruang pertemuan.

Agus Toyo (47), pengelola vila mengatakan, bangunan tersebut sudah tidak digunakan sejak 2010. Sedangkan dirinya sendiri baru mulai bekerja merawat dan mengelola vila pada 2014.

“Jadi dulu vila itu arena rekreasi alam. Ada penginapan, tempat bermain outbond. Pemiliknya perseorangan, tapi kemudian disita karena kredit macet,” kata Agus Toyo kepada detikJabar, Kamis (17/11/2022). ). ).

Menjadi Lokasi Syuting Suzanna

Nuansa horor dan mistis yang terpancar dari vila terbengkalai itu ternyata menjadi lokasi syuting film horor yang dibintangi Suzanna. Wanita bernama lengkap Suzanna Martha Frederika van Osch ini pernah disebut sebagai ratu horor Indonesia.

“Dipakai untuk syuting, tapi tahun berapa saya tidak tahu. Namanya juga Villa Suzanna,” kata Agus.

Sepertinya predikat vila yang menyeramkan tidak akan luntur setelah digunakan untuk menembak Suzanna. Apalagi sekarang terbengkalai. Alhasil, vila tersebut kerap didatangi para pembuat konten yang membuat konten horor.

Nama-nama tenar yang pernah datang ke Villa Katumiri antara lain Risa Sarasvati, Ruben Onsu dan YouTuber konten horor lainnya. Mereka datang sekitar tahun 2021 tetapi pada waktu yang berbeda.

“Ada Ruben Onsu, lalu Risa. Ya kebanyakan bikin konten horor di sini,” kata Agus.

Sayangnya vila tersebut dipenuhi dengan kegiatan negatif anak muda yang sering mabuk. Terbukti dengan bertebarannya botol bekas miras, tidak jarang ditemukan kondom.

“Ya benar, banyak orang datang ke sini untuk mabuk-mabukan, kita bisa menemukan kondom. Makanya warga dan pengurus suka mengusir mereka kalau datang ke sini,” kata Agus.

—-

Artikel ini pernah dimuat di detikJabar dan selengkapnya bisa dibaca di sini.

Simak Video “Mengintai Gua Yang Dijadikan Kediaman Petani di Majalengka”
[Gambas:Video 20detik]
(www www)