Menarik Nih, Dispar Kaltim Bakal Tawarkan Paket Wisata IKN

Menarik Nih, Dispar Kaltim Bakal Tawarkan Paket Wisata IKN


Jakarta

Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim melihat potensi pariwisata dalam menyongsong pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) di Kalimantan. Paket perjalanan IKN sedang disiapkan.

“Titik Sifar Nusantara saat ini belum menjadi objek wisata, tetapi sudah menjadi magnet bagi wisatawan sehingga potensi daerah sekitarnya sangat besar untuk memberikan dampak kunjungan,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kaltim Restiawan Baihaqi di Samarinda, seperti dikutip Antara, Kamis (24/24/2018) 11/2022).

Saat ini titik nol memang ditutup karena kegiatan pembangunan IKN, namun sebelumnya tidak ditutup, jumlah pengunjung yang datang sangat banyak sehingga menimbulkan masalah sampah yang ditinggalkan pengunjung.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Di awal relaksasi pembatasan kegiatan sosial (PPKM) pada April 2022, Dinas Pariwisata Kaltim mencatat jumlah pengunjung Titik Sifar Nusantara mencapai 18 ribu orang hanya dalam delapan hari pada Mei lalu.

Begitu pula di masa mendatang ketika pembangunan selesai dan masyarakat diperbolehkan mengunjungi titik nol, diyakini tingkat kunjungan akan kembali tinggi, ditambah lagi warga juga akan ingin melihat beberapa bangunan yang ada di IKN.

“Di sinilah momentum Kaltim dan kabupaten/kota menjual paket wisata, karena beberapa objek penunjang wisata sudah ada, maka kita dan operator pariwisata hanya perlu mengemas paket dan konektivitas,” ujar Baihaqi.

Ia menjelaskan, bagi pengunjung dari Samarinda dan sekitarnya, tersedia paket antara lain Taman Bengkirai, Gua Tapak Raja, IKN dan sekitarnya, serta sejumlah objek wisata di Penajam dan Balikpapan.

Untuk menuju Balikpapan bisa menggunakan kapal ferry, speedboat atau klotok boat, bisa juga melalui Jembatan Pulau Balang jika ada jalan pendekat di Balikpapan.

Bagi wisatawan yang datang dari Balikpapan, rute pengunjung bisa berlawanan dari Samarinda, bisa menginap sesuai keinginan pengunjung, karena dalam hal ini daya tarik utamanya adalah IKN.

“Objek wisata di sekitar IKN banyak yang akan berkembang pesat seperti Goa Tapak Raja di Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku. Gua tersebut merupakan obyek wisata alam di dekat IKN yang telah selesai, dan sering dikunjungi wisatawan maupun pemerintah. untuk rencana pengembangannya,” kata Baihaqi.

Simak video “Mencoba Kelezatan Aneka Menu Berbahan Olahan Susu Bogor”
[Gambas:Video 20detik]
(perempuan/perempuan)