Mengenal Arti dan Definisi dari Super App

Mengenal Arti dan Definisi dari Super App

Memuat…

Aplikasi super, atau aplikasi super mampu melakukan banyak fungsi hanya dalam satu aplikasi. Foto: ist

JAKARTA – Istilah super app sudah tidak asing lagi. Namun, ternyata banyak orang yang tidak mengerti apa artinya. Bahkan, setiap hari sebagian besar pengguna Indonesia sudah menggunakan aplikasi super.

Aplikasi super atau aplikasi super adalah platform yang dikembangkan oleh perusahaan yang menawarkan beberapa layanan dalam satu aplikasi. Layanannya terdiri dari layanan transportasi, e-commerce, pembayaran dan lain-lain.

Saat ini, super app sendiri sedang gencar dikembangkan oleh perbankan dan startup, termasuk pemerintah Indonesia yang berencana menggabungkan sekitar 24.000 app milik pemerintah menjadi satu super app.

Logikanya, dengan menggunakan satu aplikasi saja, pengguna bisa melakukan banyak hal. Jadi sangat praktis. Aplikasi super tersebut misalnya Grab, Gojek, Traveloka, dan lainnya.

Pakar keamanan siber sekaligus Presiden Direktur ITSEC Asia, Andri Hutama Putra mengatakan, aplikasi super memiliki potensi besar untuk memberikan layanan yang praktis dan efektif kepada masyarakat.

Keamanan Aplikasi Super

Namun, dengan keefektifan dan kecanggihannya, ada tantangan besar yang harus dihadapi dalam membuat aplikasi super. Yaitu, tentang keamanan sistem digital aplikasi super.

“Super App membutuhkan keamanan super, karena kompleksitas pengembangan Super App juga meningkatkan risiko keamanan siber di dalamnya. Ada banyak tantangan dalam mengelola risiko keamanan untuk aplikasi super. Dalam perkembangan dan perjalanannya, aspek keselamatan perlu diintegrasikan sejak awal hingga proses pengembangan dan pengoperasian saat ini,” jelas Andri.

Menurutnya, ada beberapa hal yang rentan di aplikasi super tersebut dan bisa dimanfaatkan oleh penjahat dunia maya. Pasalnya, super apps sangat menggoda para pelaku kejahatan karena banyaknya data pribadi pengguna yang dikelola di dalamnya.

“Aplikasi super yang bisa melakukan segalanya akan membutuhkan banyak input data pengguna dan juga koneksi data dengan berbagai layanan eksternal. Pengembang aplikasi sendiri belum tentu memiliki kendali penuh atas berbagai elemen layanan yang bertukar data di dalam aplikasi tersebut,” ujarnya.

Selain itu, berbagai layanan yang muncul di aplikasi super juga meningkatkan permukaan yang berpotensi menjadi serangan. Termasuk, pembaharuan yang terus-menerus ini harus disertai dengan pemeriksaan dan identifikasi bug/kesalahan yang bisa menjadi celah keamanan.

BACA JUGA: Apakah Monitor Gaming OLED Lebih Baik dari LCD? Inilah Jawaban LG

“Dengan popularitas Super App saat ini, penting untuk membangun infrastruktur keamanan siber yang kuat untuk melindungi pengguna dari potensi kejahatan siber yang mengintai,” katanya.

(dan)