Monitor Gaming OLED Lebih Baik dari LCD? Ini Jawaban LG

Monitor Gaming OLED Lebih Baik dari LCD? Ini Jawaban LG

Memuat…

LG UltraGear 48GQ900 merupakan monitor OLED pertama LG di Indonesia dengan ukuran terbesar. Foto: dokumen LGEIN

JAKARTA – LG Indonesia menghadirkan monitor gaming OLED pertamanya ke Indonesia. Namanya adalah LG UltraGear 48GQ900. Ini besar, 48 inci. Dan LG punya alasan khusus untuk memboyong monitor gaming ini ke Indonesia.

“Selain monitor LG UltraGear tahun ini yang membawa perubahan besar pada teknologinya, para gamer kini juga menuntut lebih,” kata Chung-Hoon Kim, Business Solutions Product Director LG Electronics Indonesia.

Menurut Kim, panel OLED sangat cocok untuk bermain game. “Sebab, kualitas gambar dengan contrast ratio lebih baik dibandingkan layar generasi sebelumnya. Selain itu, kemampuan menangani gambar dengan perubahan dinamis yang sangat cepat dengan response time hingga 0,1 milidetik dan refresh rate 120Hz,” jelasnya.

Kepala Divisi Pemasaran dan Penjualan TI LG Riki Siauw menjelaskan bahwa dibandingkan dengan TV OLED, monitor gaming OLED memiliki lapisan anti-reflektif yang diterapkan pada layar. “Jadi ruangan kamu terang atau gelap, visualnya tetap bagus,” katanya.

LG UltraGear 48GQ900 (kiri) dan LG UltraGear 24GN60R dan 27GN60R. Foto: dermaga LG

Menurutnya, LG UltraGear telah dioptimalkan untuk gaming dengan teknologi yang disematkan di dalamnya. Misalnya, koneksi lengkap. Terdapat DisplayPort 1.4 dan HDMI 2.1 yang dapat mentransfer file tidak terkompresi hingga 4K 144Hz dan 8K 30Hz. Ada juga audio, melalui sepasang speaker bertenaga 20W. “Setara dengan yang digunakan pada TV 75 inci. Jadi, bisa dimainkan tanpa speaker eksternal,” kata Riki.

Untuk gamer yang menggunakan headphone, tersedia teknologi DTS HP:X. Memungkinkan pengguna untuk menikmati perasaan suara 3D.

BACA JUGA: Tersedia fitur Poll WhatsApp, berikut cara menggunakannya

Seri terbaru monitor LG UltraGear ini baru akan tersedia pada awal Desember 2022. Harganya belum diumumkan. Di luar negeri, monitor gaming ini berharga sekitar USD 1.000.

Selain LG UltraGear 48GQ900, LG juga menghadirkan 2 lini monitor UltraGear yang lebih terjangkau. Yakni 24GN60R dan 27GN60R dengan layar lebih kecil.

(dan)