Pengertian dan Cara Menentukan Ide Pokok dalam Sebuah Paragraf

Teks bacaan memiliki ide pokok di masing-masing paragrafnya. Berikut pengertian dan cara menentukan ide pokok dalam sebuah paragraf.


Jakarta, CNNIndonesia

Sebuah teks bacaan yang terdiri dari beberapa paragraf memiliki gagasan utama di setiap paragrafnya. Gagasan pokok dalam sebuah paragraf dapat diartikan sebagai intisari dari apa yang akan dibahas dalam paragraf tersebut.

Mengutip Modul Seri Bimbingan Bahasa Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dilanjutkan dengan penjelasan tentang pengertian, ciri, cara penetapan, dan contoh gagasan pokok dalam sebuah paragraf.

Definisi Gagasan Utama

Memahami ide pokok adalah pokok atau inti masalah yang terkandung dalam bacaan. Gagasan utama disebut juga gagasan utama.

Dalam sebuah paragraf, gagasan utama ditemukan dalam kalimat utama. Setelah kalimat utama, ada juga kalimat pendukung yang mencoba menjelaskan atau menjelaskan gagasan utama dalam kalimat utama.

Jadi, semua pembahasan atau kalimat demi kalimat dalam sebuah paragraf akan menjelaskan ide pokok.

Fungsi Gagasan Utama

Fungsi gagasan pokok bacaan terbagi menjadi dua, yaitu untuk penulis dan untuk pembaca. Bagi penulis, gagasan utama berfungsi sebagai penjaga agar kalimat pendukung tidak menyimpang dari gagasan utama.

Sedangkan bagi pembaca, gagasan pokok berfungsi sebagai pedoman dalam memahami isi bacaan, sehingga makna bacaan menjadi mudah dipahami.

Ciri-Ciri Gagasan Utama

Launching Paket Buku Bahasa Indonesia Setara SD/MI Tingkat II ‘Indahnya Kebersamaan’ Kemendikbud, beserta ciri-ciri gagasan utamanya.

Berisi pokok-pokok bacaan Biasanya gagasan utama terdapat dalam kalimat utama. Kalimat utama dapat terletak di awal, tengah, atau akhir paragraf, tergantung jenis paragrafnya Ide utama memiliki kalimat penjelas atau kalimat pendukung Biasanya ide utama berisi informasi yang lebih umum Ide utama dikemas secara sederhana dan efektif. ayat

Cara Menentukan Gagasan Utama

Untuk dapat mengenali ide pokok suatu paragraf, berikut adalah cara menentukan ide pokok suatu paragraf.

Bacalah bacaan dengan seksama Usahakan untuk menentukan main idea atau gagasan utama dalam bacaan dengan memperhatikan kalimat demi kalimat Tentukan juga kalimat utama dan kalimat pendukung

Contoh ide pokok suatu paragraf

Berikut adalah contoh gagasan pokok suatu paragraf. Bacalah contoh soal ini dengan saksama, kemudian temukan gagasan utamanya.

Angklung adalah alat musik tradisional Sunda yang sejak November 2010 telah diakui sebagai warisan budaya oleh UNESCO. Alat musiknya terbuat dari pipa bambu. Pada awalnya, angklung dimainkan dengan tangga nada pentatonis lima nada, seperti gamelan dan alat musik tradisional lainnya. Pada tahun 1938 angklung mulai dimainkan dengan tangga nada diatonis layaknya alat musik barat, seperti piano.

Gagasan utama dan kalimat utama:

Angklung adalah alat musik tradisional Sunda.

Kalimat pendukung:

Angklung sejak November 2010 telah diakui sebagai warisan budaya oleh UNESCO. Alat musiknya terbuat dari pipa bambu. Pada awalnya, angklung dimainkan dengan tangga nada pentatonis lima nada, seperti gamelan dan alat musik tradisional lainnya. Pada tahun 1938 angklung mulai dimainkan dengan tangga nada diatonis layaknya alat musik barat, seperti piano.

Itulah penjelasan dari gagasan utama dalam paragraf tersebut. Semoga bermanfaat.

(mainkan/fef)