Profil Enner Valencia, Pencetak Gol Pertama di Piala Dunia 2022

Enner Valencia masuk dalam buku sejarah usai jadi pemain pertama yang mencetak gol di Piala Dunia 2022.


Jakarta, CNN Indonesia

Enner Valencia memasuki buku sejarah setelah menjadi pemain pertama yang mencetak gol Piala Dunia 2022.

Valencia menunjukkan performa yang menggembirakan di pertandingan ini. Selain mencetak dua gol, kapten La Tri itu berkali-kali membuat bingung pertahanan Qatar.

Valencia mencetak gol pertama mereka di pertandingan tersebut melalui tendangan penalti. Tendangan pemain berusia 33 tahun itu ke sisi kiri gawang mengecoh kiper Qatar pada menit ke-16.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Pemain Fenerbahce mencetak gol keduanya hanya 15 menit kemudian. Sundulan akurat Valencia memanfaatkan umpan silang Angelo Preciado untuk membobol gawang Qatar dan menjadikannya 2-0.

Dua gol ke gawang Qatar menjadi bukti ketajaman Valencia yang sangat diandalkan pelatih Gustavo Alfaro untuk memimpin tim. Keyakinan tersebut tak lepas dari ketajaman yang ia tunjukkan bersama Fenerbahce dengan mencetak 15 gol dalam 22 pertandingan musim ini.

Valencia merupakan pemain berpengalaman yang mendiami skuat Ekuador. Pemain kelahiran Esmeraldas itu sudah merasakan kerasnya Liga Inggris.

Valencia memulai karir profesionalnya bersama Emelec dan pindah ke Pachuca pada musim 2013/2014. Setelah mencetak 18 gol, Valencia didekati oleh West Ham United.

Pemain bernama lengkap Enner Remberto Valencia Lastra itu bermain selama dua musim di West Ham. Namun karirnya tidak berjalan dengan baik karena hanya mencetak delapan gol dalam 45 pertandingan.

Valencia juga dipinjamkan ke Everton untuk musim 2016/2017. Petualangannya di Goodison Park tidak berjalan mulus karena ia hanya mencetak tiga gol dalam 21 pertandingan.

Valencia kemudian memilih bermain untuk klub Meksiko, Tigres UANL. Tiga musim di sana, dia mencetak 21 gol dan pada 2020 bergabung dengan Fenerbahce.

(hari hari)