Profil Ritsu Doan, Gelandang Jepang yang Rusak Start Timnas Jerman

Profil Ritsu Doan, Gelandang Jepang yang Rusak Start Timnas Jerman

Memuat…

Profil Ritsu Doan, Gelandang Jepang yang Patah Sejak Awal Timnas Jerman. Foto: REUTERS/Matthew Childs

DOHA – Gelandang Timnas Jepang Ritsu Doan menjadi man of the match dalam kemenangan atas Jerman di Grup E Piala Dunia 2022. Ia menjadi pemain utama dalam menghancurkan timnas Jerman.

Berlaga di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar pada Rabu (23/11/2022) malam WIB, timnas Jepang mampu melakukan comeback gemilang saat mengalahkan Jerman 2-1. Dengan kemenangan tersebut, untuk pertama kalinya timnas Jepang menjadi juara setelah tertinggal dari lawannya di Piala Dunia.

Baca Juga: Kalahkan Jerman, Timnas Jepang Rekor Rekor Manis di Piala Dunia

Tak hanya itu, kemenangan tersebut juga diakhiri dengan catatan buruk bagi timnas Jerman. Pasalnya, Der Panzer -julukan timnas Jerman- kalah untuk kedua kalinya, sejak 1978 saat dikejutkan comeback 2-3 dari Austria.

Kemenangan ini pun berakhir manis bagi Ritsu Doan. Pemain kelahiran Amagasaki, Hyogo, Jepang itu berhasil mencuri perhatian positif pada pertandingan kali ini.

Padahal, Doan bukanlah tim utama timnas Jepang melawan Jerman. Pemain berusia 24 tahun itu masuk menggantikan Ao Tanaka pada menit ke-71. Empat menit berselang, Doan berhasil menyamakan kedudukan.

Gol tersebut kemudian mengobarkan semangat Blue Samurai –julukan Timnas Jepang– di laga tersebut. Delapan menit berselang, Takuma Asano (83′) mampu mencetak gol untuk memastikan kemenangan timnas Jepang.

Tentu saja peran Doan dalam pertandingan ini sangat penting. Tak perlu dikatakan, pemain SC Freiburg adalah man of the match dalam pertandingan Jerman melawan Jepang di Grup E Piala Dunia 2022.

Biodata:

Nama: Ritsu Doan
Tempat Lahir: Amagasaki, Hyƫgo, Jepang
Tanggal Lahir: 16 Juni 1998
Umur: 24 tahun
Agama:-
Posisi: sayap kanan
Kebangsaan: Jepang
Instagram: @doanritsu

(persediaan)