Review Canon EOS R7, Mirrorless APS-C yang Ngebut

Review Canon EOS R7, Mirrorless APS-C yang Ngebut

Jakarta

Canon EOS R7 adalah kamera tanpa cermin Advanced Canon dirilis pada pertengahan 2022. Kamera ini bukan sistem kamera DSLR/EF, melainkan sistem mirrorless EOS R baru dengan sensor APS-C (1,6x crop).

Kekuatan utama R7 adalah sistem fokus otomatisnya, yang sama dengan kamera pro canggih Canon EOS R3, dan mampu mengambil gambar berurutan secepat 15 foto per detik dengan rana mekanis dan 30 fps dengan rana elektronik. Resolusi gambar R7 relatif tinggi dibandingkan dengan kamera sensor APS-C saat ini.

Tampaknya R7 dirancang untuk menggantikan kamera DSLR Canon berperforma tinggi seperti Canon 7D dan 90D. Lini kamera ini biasanya diandalkan oleh para profesional atau amatir yang menginginkan kamera berperforma tinggi untuk pengambilan gambar aksi seperti olahraga dan satwa liar tetapi memiliki anggaran terbatas.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Membentuk

Dari segi desain, R7 memiliki banyak kesamaan dengan kamera Canon pada umumnya, meskipun merupakan sistem kamera mirrorless, namun sekilas sangat mirip dengan desain kamera DSLR khas Canon, yaitu melengkung tanpa sudut tajam. . Yang unik dari R7 adalah roda yang biasanya terletak di belakang digerakkan ke atas dan mengelilingi joystick. Bagian kemudi kini ditempati oleh tombol navigasi empat arah. Di bagian depan dekat dudukan lensa, terdapat tombol pratinjau depth-of-field yang dapat disesuaikan dan tuas AF-MF lensa.

Foto Canon EOS R7: Dok. Enche Tjin

Ukuran kameranya lebih ramping dari kamera DSLR, dan juga beratnya hanya 612 gram (termasuk baterai dan kartu memori), lebih ringan dari 70D yang sedikit di atas 700g, dan 7D yang mencapai 910g. Tidak ada layar LCD di bagian atas kamera, namun jendela bidik dan layar LCD berputar masih tersedia. Meski lebih kompak, grip R7 tetap tinggi dan tebal sehingga nyaman dan mantap digunakan terutama saat memasang lensa tele yang panjang dan berat.

Foto Canon EOS R7: Dok. Enche Tjin

Pengalaman, kualitas gambar, dan kinerja

Dalam tes untuk foto aksi cepat seperti sepeda balap, di mana kecepatan sepeda antara 20-40km/jam, saya menemukan kamera R7 sangat responsif (responsif). Dalam pengujian, saya menggunakan format file JPG, jadi saya tidak menemukan hambatan yang mencolok dalam hal buffering. Bagi yang memotret dengan RAW, kamera memiliki buffer untuk merekam sekitar 6-10 frame sebelum buffer terisi penuh.

Pengujian dilakukan sesaat setelah matahari terbit di bawah pohon besar agar cahaya tidak terlalu terang. Karena lensa yang digunakan adalah aperture medium, yaitu f/4, banyak foto yang menggunakan setting ISO relatif tinggi, yaitu antara ISO 2000-6400. Untuk ISO tinggi, foto tidak terlalu detail karena pekerjaan pengurangan noise dan karena sensor APS-C Canon yang tidak terlalu besar. Namun secara umum kualitas fotonya masih cukup baik.

Contoh foto yang diambil dengan lensa Canon R7 dan Canon RF 70-200mm f/4 L IS USM Foto: Dok. Enche Tjin Contoh gambar dari lensa Canon R7 dan Canon RF 70-200mm f/4 L IS USM Foto: Dok. Enche Tjin Contoh gambar dari lensa Canon R7 dan Canon RF 70-200mm f/4 L IS USM Foto: Dok. Enche Tjin Contoh gambar dari lensa Canon R7 dan Canon RF 70-200mm f/4 L IS USM Foto: Dok. Enche Tjin

Rekomendasi

Canon EOS R7 sangat direkomendasikan untuk fotografer yang memotret objek bergerak seperti fotografer acara, olahraga, atau satwa liar. Kelengkapan fitur dan daya tahan bodi kameranya cocok untuk para fotografer profesional maupun amatir. Saat artikel ini ditulis, PT Datascrip selaku distributor resmi produk Canon di Indonesia belum mengumumkan harga EOS R7. Namun dari harganya di Amerika Serikat, bisa diperkirakan harga R7 ini akan dijual di Indonesia sekitar Rp 25-30 jutaan.

Spesifikasi Canon EOS R7

Sensor gambar CMOS APS-C 32,5 megapiksel Prosesor DIGIC X Kecepatan foto kontinu hingga 15 foto per detik (rana mekanis) dan 30 fps (rana elektronik) Sistem AF yang sama seperti deteksi AF EOS R3 dengan teknologi AI bawaan Bodi stabilisasi gambar 4K/ Video 60p oversampled dari 7KCanon Log 3 Tahan debu dan kelembapan Slot kartu ganda UHS-IIP Panjang x tinggi x lebar 132 x 90,4 x 91,7mm Berat 612g

Simak Video “Unboxing Realme GT 2 Pro, Spesifikasi Gahar Harga Rp 10 Jutaan”
[Gambas:Video 20detik]

(asj/asj)