Sandiaga Optimis KEK Morotai Bisa Bangkitkan Ekonomi

KEK Morotai akan dilengkapi fasilitas bagi UMKM berupa ekonomi kreatif center dan juga Falila Loft Studio, yang nantinya akan menjadi unit apartemen.


Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan, kawasan ekonomi khusus (KEK) Morotai, Maluku Utara memiliki keunggulan geostrategis, sejarah dan wisata bahari dengan keindahan yang memukau.

Untuk itu, Sandiaga berharap KEK Morotai dapat menghidupkan perekonomian dan membuka lapangan kerja yang luas. Hal itu disampaikan Sandiaga saat menghadiri acara ground breaking di Lapangan Falila Kawasan Ekonomi Khusus Morotai, Jumat (25/11).

KEK Morotai akan dilengkapi fasilitas untuk UKM berupa pusat ekonomi kreatif dan juga Falila Loft Studio yang nantinya akan menjadi unit apartemen. Hal ini sebagai upaya untuk menghidupkan kembali perekonomian dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Pembangunan ini akan memulihkan perekonomian, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan juga mengacu pada prinsip pariwisata berkelanjutan, karena nantinya akan mengembangkan industri ramah lingkungan dan bagian dari percepatan pembukaan 4,4 juta lapangan kerja pada tahun 2024 yang adalah target kami. Ini selalu saya perjuangkan,” kata Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga mengapresiasi PT Jababeka Morotai yang telah mengembangkan KEK Morotai dengan inovasi teknologi solar panel terbaru dari Jepang.

“Jadi nanti bisa juga kita beri label green energy, green economy, atau green tourism. Ini pelopor penggunaan energi bersih, energi baru dan terbarukan,” jelas Sandiaga Uno.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jababeka Morotai, Basuri Tjahaja Purnama mengatakan, pihaknya menargetkan dapat menciptakan 4.000 lapangan kerja dalam mengembangkan KEK Morotai.

“Terima kasih atas komitmen Menparekraf yang telah hadir di KEK Indonesia termasuk KEK Morotai. Kami mohon doa dan dukungannya untuk mendukung Morotai. Kami yakin Morotai akan luar biasa,” ujar Basuri.

Sementara itu, Pj Bupati Pulau Morotai, Umar Ali mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah menjadikan Pulau Morotai sebagai KEK. Ia berharap KEK Morotai dapat berdampak pada terbukanya lapangan kerja seluas-luasnya.

“Kami juga sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat, khususnya Presiden Jokowi yang mencanangkan Morotai sebagai pusat ekonomi negara,” kata Umar.

“Kami yakin KEK ini akan mampu membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Dan Lapangan Falila telah menjadi simbol investasi dan KEK di Morotai,” ujar Umar.

(dalam)