SAR Evakuasi Jenazah Warga AS yang Tewas Terjatuh di Gunung Agung

Tim SAR  mengevakuasi jenazah seorang WNA asal Amerika Serikat yang jatuh dan terpeleset saat mendaki di Gunung Agung, Bali.


Karangasem, CNN Indonesia

tim SAR (menemukan dan aman) bersama-sama memindahkan jenazah warga negara asing (WNA) yang terjatuh dan terpeleset saat mendaki Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali.

Ia adalah seorang bule asal Amerika Serikat (AS) bernama Kevin Henderson (51).

Korban mendaki bersama rombongan dan mendaki dari Pos Pendakian Pengepungan, Besakih, Karangasem, pada Kamis (17/11) sekitar pukul 23.00 WITA.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Dalam perjalanan korban terpeleset dan mengalami luka di kepala, kaki, dan pinggang,” kata Gede Darmada selaku Kepala Rescue Center Denpasar atau Basarnas Bali, Sabtu (19/11).

Tim Basarnas Bali menerima laporan kejadian tersebut pada pukul 09.25 WITA dan langsung mengerahkan tujuh orang anggota Posko SAR Karangasem.

Dari informasi yang diterima, korban dan pendaki lainnya berada di ketinggian kurang lebih 2.700 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Setelah terjatuh, korban mendapat penanganan awal. Kebetulan salah satu turis asing yang ikut dalam pendakian itu adalah seorang tenaga medis.

Namun, beberapa jam kemudian sekitar pukul 14.00 WITA, nyawa korban tak tertolong.

“Pukul 12.30 WITA kami mendapat informasi korban dalam keadaan tidak sadarkan diri dan beberapa jam kemudian tim di lapangan mengabarkan bahwa korban sudah meninggal dunia,” kata Gede Darmada.

Jenazahnya kemudian dipindahkan ke Posko Pengubenga. Tim SAR gabungan dan jenazah tiba di tempat tujuan pada Sabtu (19/11) pukul 00.15 WITA.

“Kemudian jenazah dibawa ke Puskesmas Rendang menggunakan ambulans di RSUD Karangasem,” jelas Gede Darmada.

(kdf/pra)

[Gambas:Video CNN]