Sektor Pariwisata di Cianjur Tak Terlalu Terdampak Gempa

Sektor Pariwisata di Cianjur Tak Terlalu Terdampak Gempa


daerahBandung

Mensesneg Sandiaga Uno mengatakan, sektor pariwisata di wilayah Cianjur tidak terlalu terpengaruh dengan kerusakan pascagempa yang melanda beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah destinasi pariwisata tidak terlalu terdampak, karena kesiapsiagaan,” kata Sandiaga di Politeknik Pariwisata NHI, Jalan Radio Palasari, Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Kamis (24/11/2022).

Meski begitu, kata Sandiaga saat ini semua pihak perlu bekerja sama untuk membantu pemulihan di wilayah Cianjur. Sehingga masyarakat Cianjur dapat segera menjalani kehidupannya seperti sedia kala.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Namun, kita juga harus tetap membantu penyiapan infrastruktur pascagempa yang harus segera dibangun. Kemudian kehidupan masyarakat harus segera dipulihkan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, saat ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah bergerak dalam menangani gempa tersebut. Salah satunya dengan mendirikan berbagai posko bencana bagi para korban.

“Tentu kami akan segera bergerak, kami telah mendirikan 14 posko untuk membantu warga,” katanya.

Ia mengaku telah melakukan transisi untuk memberikan pemulihan pascagempa di Cianjur. Terutama di destinasi wisata dan pusat ekonomi kreatif.

“Selama ini kita mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat yang diwujudkan dengan konsep desa wisata yang memiliki keunggulan dalam menghadapi ancaman bencana,” jelasnya.

Sandiaga Uno mengatakan, salah satu desa wisata di lokasi Gunung Padang tidak terlalu terdampak gempa. Menurutnya, hanya lima persen yang terkena dampak.

“Alhamdulillah alhamdulillah. Salah satunya karena kita memiliki protokol CHSE, Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, Kelestarian Lingkungan. Saya garis bawahi terus memberikan pelatihan dan pendampingan serta memastikan sertifikasi diberikan kepada destinasi termasuk pusat ekonomi kreatif ,” jelasnya.

Ia menambahkan, ke depan akan ditambah pelatihan dan pendampingan kesiapsiagaan bencana. Apalagi menurutnya, Cianjur memiliki peluang dan potensi wisata yang luar biasa.

“Mulai dari daerah Cipanas, terus sampai ke daerah Cugenang. Kemarin kita juga ke kota Cianjur, ada pusat ekonomi kreatif dimana kita memberikan pelatihan di hotel Ginoferuci,” pungkas Sandiaga Uno.

Simak Video “Ekraf Indonesia Diproyeksikan Bisa Kalahkan Korea Selatan 5 Tahun Mendatang”
[Gambas:Video 20detik]
(www www)