Tiiing… Mesin Detektor Temukan Cincin Kuno Seharga Rp 600 Juta

Tiiing... Mesin Detektor Temukan Cincin Kuno Seharga Rp 600 Juta


Thorncombe, Chard, Inggris Raya

Detektor logam ini membuat pemiliknya tersenyum bahagia. Betapa tidak, mesin ini mendeteksi sebuah cincin kawin abad pertengahan yang diperkirakan bernilai ratusan juta.

Dilansir dari CNN, Selasa (22/11/2022), sebuah cincin kawin berlian berhasil dideteksi oleh metal detector di Inggris, tepatnya di Thorncombe, di barat daya negara tersebut. Cincin ini masih utuh.

Cincin itu ditemukan oleh David Board (69) saat dia menjelajahi pantai setempat. Cincin ini juga mendapat julukan ‘penemuan langka seumur hidup’ untuk dirinya sendiri.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Rumah lelang Noonan mengatakan sekarang akan terjual antara £ 30.000 dan £ 40.000 saat dilelang akhir bulan ini.

David menemukan cincin ini pada tahun 2019, pada hari keduanya ‘berburu harta karun’ di daerah tersebut. Dia hampir menyerah saat itu karena sejak kemarin dia tidak menemukan apapun. Tapi tiba-tiba mesin pelacak mendeteksi sesuatu.

Awalnya terlihat seperti bungkus permen, tapi David menyadari itu adalah sebuah cincin. Awalnya dia mengira itu hanya besi tua, tetapi ketika dia mencucinya dia melihat harta karun yang dia temukan.

“Cincin itu dalam kondisi hampir sempurna,” kata Nigel Mills, konsultan koin dan barang antik di Noonans.

Cincin Abad Pertengahan Lady Brook Foto: (doc Noonans)

Sepotong perhiasan memiliki lingkaran emas dua pita yang terjalin untuk melambangkan persatuan pernikahan dan berlian terbalik di dalamnya.

Di bagian dalamnya terdapat ukiran huruf Perancis abad pertengahan yang bertuliskan ‘Ieo vos tien foi tenes le moy’ yang diterjemahkan menjadi ‘I hold your loyalty, hold my’.

Karena lokasi penemuan dan kualitas cincin tersebut, para ahli Noonans menduga bahwa itu adalah cincin pernikahan Joan Brook yang diberikan oleh suaminya Thomas Brook.

Pernikahan mereka pada tahun 1388 membawa kekayaan besar bagi keluarga Brook, karena Joan adalah janda dari Robert Cheddar, seorang pedagang kain yang kaya dan dua kali menjadi walikota Bristol, sebuah kota di barat Inggris.

Cincin ini juga dikenal dengan nama The Lady Brook Medieval, sebuah cincin berlian yang akan dilelang pada 29 November mendatang. Siapa yang akan membelinya?

Tonton Video “Liz Truss, PM Terakhir Diangkat Ratu Elizabeth II”
[Gambas:Video 20detik]
(simbol/ddn)