Turun dari Lantai 26 Kocar Kacir

Gempa mengguncang Cianjur dan terasa hingga Jakarta pada Senin (21/11) siang.


Jakarta, CNNIndonesia

Sejumlah warganet di Tanah Air mencuit bahwa gempa pada Senin (21/11) telah berakhir gempa bumi M5,6 mengguncang wilayah tersebut CianjurJawa Barat sampai DKI Jakarta.

Pantauan CNNIndonesia.com Senin sore pukul 14.35 WIB, cuitan gempa ramai diperbincangkan, hingga 55 ribu lebih kicauan dan menjadi trending topik di Twitter Indonesia.

Gempa tersebut dirasakan di beberapa wilayah mulai dari Bandung hingga DKI Jakarta, dan menyebabkan sebagian warga di kawasan perkantoran meninggalkan gedung.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Netizen @snowdropshope menyebut gempa hari ini merupakan gempa terlama yang pernah dirasakan.

“Ini gempa terpanjang yang pernah saya rasakan, sangat terasa di sini, bagaimana dengan Cianjur, doakan Cianjur semoga tidak ada korban jiwa dan semuanya baik-baik saja,” katanya, Senin (21/11).

Gempa terpanjang yang pernah saya rasakan, hanya disini saya merasakan seperti apa di Cianjur, doakan Cianjur semoga tidak ada korban jiwa dan tidak apa-apa #Gempa

— anneliese (@snowdropshope) 21 November 2022

Netizen lain mengatakan, dia harus berjalan ke lantai dasar gedung 26 lantai saat merasakan getaran gempa.

“Dari lantai 26 jatuh berkeping-keping karena rasa,” kata @jiminagii.

Dari lantai 26 terdengar kegaduhan turun karena terasa seperti #Gempa Bumi

— nara (@jiminagii) 21 November 2022

“Suatu hari pas lagi di kantor, tiba-tiba meja dan kursi bergoyang, saya tanya di chat, ternyata gempa, dan pas lihat di Twitter, intinya di Cianjur. Saya langsung menghubungi teman yang ada di sana, katanya sangat parah di sana, jaga keselamatan teman-teman yang ada di Jawa Barat dan sekitarnya,” kata @Fyliaa_

Baru di kantor meja dan kursinya goyang, pas saya tanya chat ternyata gempa, dan pas liat di twitter, titik di Cianjur, saya langsung hubungi temennya. yang disana katanya parah banget, stay safe ya teman-teman yang ada di jawa barat dan sekitarnya.. #Gempa pic.twitter.com/6XAHIe47AX

– Sleepy_cat (@Fyliaa_) 21 November 2022

Selain itu, ada juga warganet yang mendoakan masyarakat di Cianjur, Jawa Barat, meminta keselamatan dan keamanan.

“Staysafe, terutama yang di Cianjur,” kata @sigieapn_.

Tetap aman semuanya
Belum lagi bencana #gempa

— gie (@sigieapn_) 21 November 2022

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya gempa susulan setelah gempa bermagnitudo 5,6 yang berpusat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan gempa M 5,6 yang terjadi di Cianjur merupakan gempa tektonik yang dipicu oleh pergerakan sesar Cimandiri.

“Jadi gempa yang terjadi adalah gempa tektonik yang pusat gempa dan kedalaman serta kekuatannya berada di patahan Cimandiri,” katanya kepada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Senin (21/11).

[Gambas:Video CNN]

(bisa/lth)