Viral Turis Inggris Ketipu Money Changer Bodong di Canggu

Viral Turis Inggris Ketipu Money Changer Bodong di Canggu


Mengganggu

Berita telah menjadi viral tentang turis Inggris yang ditipu oleh penukar uang palsu di Canggu, Bali. Turis itu juga terlibat perkelahian dengan money changer yang tidak bertanggung jawab.

Warga Negara Asing (WNA) Inggris menjadi korban penipuan money changer di Canggu, Kuta Utara, Badung. Dia tampaknya telah menukar uang di dua toko. Di dua lokasi tersebut, korban Scott James Deakin (27) diduga mendapat perlakuan tidak adil dari aparat yang tidak bertanggung jawab.

Kabag Humas (Humas) IPTU Badung I Polsek Ketut Sudana kepada wartawan, Sabtu (19/11/2022), korban sudah dua kali mendatangi tempat penukaran uang tersebut. Di lokasi kedua, korban juga bertengkar karena diduga menyerahkan uang yang tidak sesuai dengan jumlah yang ditukarkan.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Informasi sementara yang berhasil dihimpun, di lokasi money changer pertama di Jalan Munduk Catu Banjar Canggu, korban menukar uang 300 Euro dengan kurs yang relatif tinggi. Wartawan seharusnya mendapat uang tukar sekitar Rp 4,7 juta, tapi uang yang diterima hanya Rp 2,7 juta.

Tak lama kemudian, korban menemukan toko lain tak jauh dari lokasi pertama. Di sana dia menukar 800 USD. Namun, tersangka pelaku mengatakan bahwa korban hanya menyerahkan uang sebesar 600 USD. Merasa ada yang tidak beres, korban tidak menerimanya, sehingga menimbulkan pertengkaran.

Tak ingin keributan itu berlangsung lama, korban disebut rela mengalah dan disebut hanya menyerahkan uang USD 600 kepada money changer yang bersangkutan. Korban kemudian hanya menerima uang Rp6 juta dan langsung bergegas kembali ke penginapannya di sebuah hotel bintang lima di Kuta, Badung.

“Korban baru mengetahui semua penipuan money changer tersebut. Kerugiannya mencapai Rp 8 juta. Korban melapor pada 14 November 2022. Prosesnya dilakukan pemeriksaan di Polsek Kuta Utara. Tiga orang diamankan dan satu orang telah diamankan. sudah ditangkap. Ketiganya masih muda,” kata Sudana.

Tim Opsnal Polres Kuta Utara hanya menangkap satu dari tiga pemuda money changer yang ditangkap karena diduga melakukan penipuan terhadap bule Inggris. Masing-masing berinisial IKRW (21).

Kemudian terdakwa pelaku GAS (16) yang proses hukumnya berbeda karena masih di bawah umur. Begitu juga IWM (17) yang dipanggil sebagai saksi karena tidak berada di lokasi saat GAS menukarkan uang.

Ketiganya ditangkap pada 15 November 2022 di kawasan Canggu, Kuta Utara, Badung. Saat diperiksa, ketiga pelaku mengaku melakukan penipuan secara bersama-sama. Dari cara memberikan jasa penukaran uang tersebut, terdakwa mendapatkan uang Rp3 juta. “Proses hukum masih berjalan,” kata Sudana.

—–

Artikel ini telah diposting di detikBali dan selengkapnya dapat dibaca di sini.

Simak Video “Modus Penipuan Penyelundup Uang Nakal di Bali”
[Gambas:Video 20detik]
(www www)