Warlok Heran Fans Jepang Bersih-bersih Stadion di Piala Dunia Qatar

Warlok Heran Fans Jepang Bersih-bersih Stadion di Piala Dunia Qatar


Jakarta

Timnas Jepang memang belum berlaga di Piala Dunia 2022 di Qatar, namun suporter dari negeri matahari terbit itu sudah menarik perhatian. Pembersihan di stadion membuat para pendukung tuan rumah terkagum-kagum.

Piala Dunia 2022 resmi dibuka dengan upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan pertarungan di Grup A antara Qatar dan Ekuador. Pada laga yang berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor, Minggu (20/11/2022), Ekuador keluar sebagai pemenang dengan dua gol tak terbalas.

Laga tersebut tidak hanya disaksikan oleh para suporter kedua tim yang berlaga, tetapi juga sekelompok suporter timnas Jepang. Jumlah mereka tidak banyak, tetapi mereka berhasil menarik perhatian dunia.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Saat semua penonton sudah meninggalkan stadion, suporter Jepang belum juga kembali. Mereka tidak hanya duduk-duduk dan berfoto di dalam stadion. Mereka berkeliling stadion dan mengambil sampah.

Orang-orang Qatar dibuat bingung olehnya. Tak mau ketinggalan momen yang mengejutkan mereka, warga sekitar merekam dan membagikannya ke media sosial. Nah, videonya jadi viral.

[Gambas:Instagram]

“Seseorang meyakinkan saya bahwa ini normal,” kata Omar Farooq saat melihat suporter timnas Jepang mengumpulkan botol minuman bekas setelah stadion kosong, seperti dikutip dari Talk Sport.

“Fans Jepang memutuskan untuk membersihkan stadion. Ini bukan permainan tim nasional mereka!” katanya lagi.

“Ketika saya bertanya kepada mereka, ‘Mengapa kamu membersihkan sesuatu yang tidak ada hubungannya denganmu?’ Jawabannya adalah, ‘Orang Jepang tidak pernah meninggalkan sampah. Kami selalu menghormati tempat kami berada,’ katanya,” tambah Omar.

Omar kemudian memfilmkan bagian stadion yang lebih luas dan sepertinya lebih banyak fans timnas Jepang yang bertebaran di sana. Mereka melakukan hal serupa, mengumpulkan sampah.

“Saya pernah mendengar hal seperti ini sebelumnya, tapi saya tidak menyangka itu benar. Wow,” kata Omar.

Ini bukan pertama kalinya suporter tim nasional Jepang mendemonstrasikan pembersihan stadion selama Piala Dunia. Mereka menjadi sorotan dunia dan diacungi jempol saat melakukan aksi serupa di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Bahkan aksi bersih-bersih sempat dilakukan suporter timnas Jepang saat itu usai kekalahan memilukan Jepang di tangan Belgia 2-3.

Tak hanya para suporter timnas Jepang yang berbenah, para pemain juga meninggalkan ruang ganti dengan rapi dan bersih. Mereka juga meninggalkan catatan bertuliskan ‘terima kasih’ dalam bahasa Rusia.

Tonton Video “Teknologi Pendingin Canggih yang Disematkan di Stadion Piala Dunia 2022”
[Gambas:Video 20detik]
(perempuan/perempuan)