WhatsApp Rilis Fitur Direktori Bisnis di Indonesia, Apa Itu?

WhatsApp Rilis Fitur Direktori Bisnis di Indonesia, Apa Itu?

Jakarta

Ada apa baru saja merilis fitur barunya yang disebut Direktori Bisnis. Fitur ini sudah tersedia di lima negara yakni Brasil, Inggris, Indonesia, Meksiko, dan Kolombia.

Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp bisa menelusuri daftar bisnis yang ada berdasarkan kategori seperti travel, bank atau shopping, atau bisa juga mencari nama bisnis langsung menggunakan search bar yang ada. Ini berfungsi seperti buku telepon Yellow Pages yang pernah populer.

“Dengan ini, pengguna tidak perlu mencari nomor telepon di website atau mencarinya di daftar kontak mereka,” ujar Meta dalam keterangan resminya, seperti dikutip detikINET, Sabtu (19/11/2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Bisnis yang telah terdaftar melalui Platform WhatsApp Business di lima negara ini akan muncul di direktori bisnis, sehingga hanya perusahaan dan organisasi yang terverifikasi WhatsApp yang dapat muncul di daftar ini. Sementara di Brasil, direktori juga akan mencantumkan usaha kecil.

Peluncuran fitur Direktori Bisnis mengikuti uji coba terbatas WhatsApp di Sao Paulo, Brasil tahun lalu. Fitur ini hanya tersedia di Android untuk pengguna Ada apa di Brasil, tetapi di negara lain tersedia untuk Android dan iOS.

Untuk menemukan bisnis yang ingin Anda hubungi, caranya sangat sederhana. Pertama tap tombol Obrolan Baru di pojok kanan bawah lalu pilih opsi Bisnis di daftar kontak.

Setelah itu, ketikkan nama bisnis yang ingin dicari di kolom pencarian, atau telusuri berdasarkan pilihan kategori yang tersedia. Setelah itu tinggal klik akun bisnis yang ingin dihubungi lalu ketik pesan yang ingin dikirim.

[Gambas:Twitter]

Fitur ini telah diluncurkan saat ini Ada apa semakin menyasar bisnis dan UKM. Per Oktober 2020, Meta, induk WhatsApp, mengatakan lebih dari 175 juta orang di seluruh dunia menggunakan WhatsApp untuk menghubungi akun bisnis setiap hari.

WhatsApp juga meluncurkan fitur lain yang memudahkan pengguna berbelanja langsung melalui chat, salah satunya adalah fitur katalog dan keranjang belanja. WhatsApp juga menguji fitur pembayaran langsung dari obrolan di Brasil dengan beberapa mitra pembayaran.

Simak Video “Fitur Baru WhatsApp Ini Memudahkan Pengguna Kirim Obrolan Rahasia”
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/afr)